Ads Top

Jangan Diabaikan, Gangguan Tulang Belakang Bisa Bahaya

 Posisi Duduk Yang Baik

Kebiasaan menyeder dan membungkuk saat duduk. Tidak disadari menjadi kebiasaan sebagian orang, baik saat bekerja ataupun saat bersantai. Kebiasaan yang tidak disadari ini ternyata mengakibatkan kelainan pada tulang belakang.

Tulang belakang sendiri berfungsi sebagai penyanggah tubuh yang dapat mengalami gangguan kelainan akibat posisi duduk yang salah terus-menerus dilakukan, sedangkan posisi duduk yang benar yakni adanya kelarasan antara kepala, leher, tulang belakang, dan panggul secara vertikal.

Alasan mencari posisi duduk yang nyaman justru dapat membahayakan kesehatan Anda, yang mana dapat mengakibatkan kelainan pada tulang belakang, seperti 3 macam gangguan kelainan tulang belakang ini.

 Gangguan Kesehatan

1. Kifosis

Kifosis adalah gangguan kelainan tulang belakang yang bentuk tulangnya cenderung ke arah belakang, akibat posisi duduk yang membungkuk saat bekerja maupun saat belajar. Anak-anak yang biasanya memiliki kebiasaan ini perlu dijaga dan diawasi agar tetap stabil saat duduk di kursi. Apabila anak merasa pegal saat duduk terlalu lama, Anda bisa mengajarkan mereka untuk melakukan peregangan sehingga tulang belakang tidak terasa kaku.

2. Skoliosis

Skoliosis yaitu gangguan kelainan tulang belakang yang bentuk tulangnya ke arah kanan atau bisa juga ke arah kiri. Biasanya kelainan ini dialami pada anak-anak sebelum merekan mengalami masa pubertas. Meski kasus skoliosis pada anak-anak cukup banyak, namun masih dikategorikan bersifat ringan sehingga tidak perlukan perawatan khusus, tapi cukup dengan mengawasinya secara seksama atau bila perlu menggunakan x-ray guna mengetahui perkembangannya.

3. Lordosis

Lordosis merupakan gangguan kelainan tulang belakang yang bentuknya cenderung bengkok ke arah depan. Kelainan ini biasanya disebabkan sedari anak-anak sudah memiliki kondisi tulang yang tidak baik atau penyebab lain karena si penderita memiliki berat badan berlebihan sehingga tubuhnya tidak kuat menahan berat badannya sendiri.



Jangan Diabaikan, Gangguan Tulang Belakang Bisa Bahaya Jangan Diabaikan, Gangguan Tulang Belakang Bisa Bahaya Reviewed by Unknown on April 16, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar